Opung Tiurma (Humor Batak)


 
Opung Tiurma tidak lagi tinggal dikampung, semenjak ditinggal oleh suaminya (Opung Tiurma Doli). Saat ini Opung Tiurma tinggal bersama dengan anaknya Amani Tiurma di Jakarta yang merupakan seorang pengusaha sukses. Jakarta-Medan sepertinya menjadi perjalanan rutin Opung Tiurma untuk melihat kampung halamannya atau kerumah anaknya yang ada di medan minimal sekali sebulan. Dan hal itu tidaklah menjadi beban bagi anaknya Ama Tiurma, yang penting asal ibunya bahagia dan mau tinggal di Jakarta.

Setiap kali ke Medan, Opung Tiurma selalu naik pesawat Garuda kelas bisnis dan selalu kursi no. 1. Suatu ketika Opung Tiurma harus kemedan diluar jadwal yang ditentukan karena ada satu acara yang harus diikuti di Medan. Karena waktunya yang kepepet akhirnya tiket pesawat Garuda Opung Tiurma dapat juga dikelas bisnis yang berubah hanyalah tempat duduk kursi yang biasanya no. 1 sekarang menjadi No. 5 karena tempat duduk no. 1 telah dipesan oleh orang lain.


Ketika para penumpang telah dipersilahkan naik pesawat, Opung Tiurma langsung menempati kursi no. 1 yang biasanya di duduki kalau ke Medan. Opung Tiurma tiurma kaget bukan main karena tempat duduk yang biasa di duduki telah ditempati orang lain. Lalu Opung Tiurma menyuruh orang itu untuk pindah ketempat lain lalu berkata : “Ini kursi yang biasa dipesan anakku kalau aku pergi kemedan”. Tetapi yang duduk dibangku no. 1 tersebut tetap ngotot tidak mau pindah karena ditiketnya tertulis seat no. 1. Akhirnya datanglah pramugari menjelaskan ke Opung Tiurma kalau tiketnya adalah kursi no. 5. Tetapi Opung Tiurma tetap tidak mau dan berdiri didepan orang itu.
 
Karena Opung Tiurma belum mau mengalah untuk duduk dikursi no. 5, akhirnya penerbangan agak sedikit terlambat yang akhirnya pramugari pergi kepada pilot dan menceritakan kejadian itu. Lalu si pilot pun pergi menemui Opung Tiurma. Ketika dia bertemu si Pilot (marga Simatupang) lalu bertanya kepada Opung Tiurma katanya : Naeng tudia Opung ? lalu jawab Opung Tiurma : tu Medan amang. Lalu Pilot membisikkan kepada s Opung Tiurma : Bah ido...alana kursi na no 1 on na naeng tu Batam do, molo na tu medan kursi na no. 5 an ma. Lalu Opung Tiurma langsung menjawab : bah...bah tuanima dipaoa amang, salah hian ma hape iba gabe tu batam, sundat hian nama au tu pesta di medan. Akhirnya Opung Tiurma mau duduk di dikursi no 5 sambil geleng-geleng kepala sambil diantar oleh si Pilot...

0 Response to "Opung Tiurma (Humor Batak) "

Post a Comment